Macam-Macam Sujud, Sujud Syukur, Sujud Sahwi, Sujud Tilawah dan Hikmahnya (Materi PAI Kelas 8 Semester 1)

   
Macam-Macam Sujud, Sujud Syukur, Sujud Sahwi, Sujud Tilawah (Materi PAI Kelas 8 Semester 1)


   Macam-Macam Sujud, Sujud Syukur, Sujud Sahwi, Sujud Tilawah (Materi PAI Kelas 8 Semester 1)- Kali ini akan dibahas mengenai macam-macam sujud seperti, sujud syukur, sujud sahwi dan sujud tilawah

  1. SUJUD SYUKUR
Sujud syukur adalah sujud yang dilakukan ketika seseorang memperoleh kenikmatan besar dari Allah atau dapat terhindar dari suatu bahaya yang akan menimpa dirinya. Sujud syukur dilaksanakan diluar salat 1 kali sujud.
Adapun cara sujud syukur adalah:
1.       Berniat dengan menghadap kiblat
2.       Takbir seperti takbiratul ihram dalam shalat
3.       Sujud satu kali dengan membaca “Subhanallah walhamdu lillahi walailahaillallaahu wallaahu akbar”
4.       Bangkit dari sujud terus salam.

  1. SUJUD SAHWI
Sujud sahwi adalah sujud 2 kali yang dilakukan sebelum salam dalam salat karena lupa atau ragu-ragu dalam melaksanakan. Hukumnya sunnah muakkad.
      Tata cara melaksanakan sujud sahwi adalah:
      “Setelah membaca doa tasyhahud akhir kemudian sujud dengan membaca doa sujud sahwi, kemudia duduk diantara 2 sujud, terus sujud lagi dengan membaca doa sujud sahwi meudian salam.
      Adapun doa sujud sahwi adalah:


                       
                        Artinya : “Maha Suci Dzat yang tiada tidur dan tidak pernah lupa”.

                  Sebab-sebab sujud sahwi antara lain:
b.       Lupa duduk tasyahud awal atau tidak membaca tasyahud awal
c.       Ragu-ragu tentang jumlah rakaat.
d.       Kelebihan atau kekurangan rakaat, rukuk atau sujud karena lupa
e.       Lupa/ketinggalan membaca do’a qunut dalam shalat Subuh, bagi golongan yang berpendapat bahwa qunut adalah sunnah.

  1. SUJUD TILAWAH
Sujud Tilawah adalah sujud satu kali yang dikerjakan ketika membaca atau mendengar ayat-ayat sajdah dalam Al Qur’an. Sujud ini dikerjakan diluar salat atau di dalam shalat. Jumlah ayat sajdah dalam Al Qur’an adalah 15 ayat.
            Adapun tata caranya adalah:
a.       Dalam shalat
      “Ketika sampai pada ayat-ayat sajdah, maka langsung sujud 1 kali dengan membaca doa sujud tilawah. Kemudian kembali keposisi semula dan meneruskan bacaan shalatnya.“
b.       Di luar shalat
“Ketika mendengar atau membaca ayat sajdah, kemudian niat dalam hati, hbertakbir, kemudian sujud, setelah itu bangkit dari sujud dengan membaca takbir kemudian melanjutkan kembali bacaannya jika masih ada.
Adapun lafadz sujud tilawah adalah :




  1. HIKMAH SUJUD SYUKUR, SAHWI DAN TILAWAH
1.       Dengan sujud syukur kita senantiasa mendapatkan tambahan rezki dari Allah dan dijauhkan dari adzab atau siksa Allah swt
2.       Dengan sujud Sahwi, kita senantiasa menyadari bahwa manusia tempat lalai/lupa dan sebaik-baik orang yang lalai adalah yang mau menyadari kesalahannya dan mau memperbaikinya karena hanyalah Allah yang tidak pernah lupa.

3.       Dengan sujud tilawah, diharapkan kita senantaisa tunduk dan tawaddu’ (rendah hati) terhadap Allah maupun sesama manusia, dan kita dijauhkan dari sifat sombong seperti sombongnya Qorun dan Raja Fir’aun. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »